8 Kelebihan Anak Mampu Menguasai Dua Bahasa

kelebihan menguasai banyak bahasa

Mampu menguasai dua bahasa dengan baik ternyata bukan hanya bisa dilakukan oleh orang dewasa saja. Namun, anak-anak pun banyak yang sedari kecil sudah mampu menggunakan dua bahasa dengan baik seperti menguasai bahasa Indonesia dan juga bahasa Inggris.

Memahami bahasa di usia dini tentunya merupakan pilihan yang tepat karena, anak-anak masih sangat mudah dalam mengingat dan menghafal suatu hal yang baru. 

Alangkah lebih baik jika kamu memberikan pengajaran dua bahasa pada anak sedari kecil karena, banyak kelebihan atau manfaat yang akan didapatkan oleh anak.

mampu memakai dua bahasa dengan baik
Speaking photo created by pvproductions – www.freepik.com

8 Kelebihan Menguasai Banyak Bahasa Pada Anak

  1. Meningkatkan Kemampuan dan Konsentrasi Otak pada Anak

Mampu memakai dua bahasa dengan baik ternyata dapat meningkatkan kemampuan dan juga konsentrasi otak pada anak. Ketika seorang anak sudah banyak mempelajari dua bahasa sejak kecil dan menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari, maka anak tersebut akan memiliki daya konsentrasi yang baik ketika melakukan hal secara bergantian (multitasking). 

Kemampuan tersebut didapatkan oleh anak saat rutin melakukan pengalihan antarbahasa. Hal ini dinilai dapat meningkatkan aktivitas otak sehingga mampu melakukan banyak kegiatan dalam satu waktu.

Bukan hanya itu, anak yang menguasai dua bahasa memiliki daya ingat yang cukup tinggi. Ia akan mudah mengingat banyak hal baik dari pelajaran maupun hal-hal yang terjadi di sekitarnya. 

Anak juga akan mempunyai kemampuan dalam mengolah informasi yang diterimanya dengan lebih baik. Oleh karena itu, pastikan kamu memberikan peluang untuk anak mengeksplor bahasa lain dari sekarang.

  1. Menjaga Kesehatan Otak pada Anak

Mempelajari banyak bahasa juga mampu membantu menjaga kesehatan otak dan memperkecil kemungkinan terkenanya penyakit Alzheimer dan Demensia ketika dewasa nanti. Seperti tubuh, otak kamu pun butuh untuk berolahraga seperti halnya dengan mempelajari beberapa bahasa dengan rutin. Dikatakan bahwa mempelajari dua bahasa akan meningkatkan kemampuan otak dan juga memperlambat resiko kerusakan pada otak. 

  1. Membuat Anak Menjadi Lebih Percaya Diri

Pada saat masa anak-anak, meningkatkan kepercayaan diri tentu bukanlah hal yang mudah apalagi jika anak berada di lingkungan yang asing. Namun ternyata, bagi para anak yang menguasai dua bahasa, kepercayaan diri akan meningkat lebih tinggi dibandingkan jika anak hanya menguasai satu bahasa. 

Biasanya, anak yang mampu dua bahasa akan lebih percaya diri dalam bergaul dan juga mengemukakan pendapat, serta ide-ide yang dimilikinya. Hal tersebut akan sangat baik untuk menunjang kehidupan sosial anak saat kini dan dewasa nanti. 

Anak akan mampu berkomunikasi, berinteraksi, melakukan sosialisasi, dan beradaptasi di lingkungannya dengan baik.

  1. Membuka Peluang untuk Pendidikan Anak

Pendidikan anak tentunya menjadi hal yang penting bagi para orang tua. Saat ini, banyak sekali lembaga pendidikan yang memberikan perhatian lebih pada anak yang bisa menguasai dua bahasa atau lebih. Karena itu, menguasai dua bahasa sejak kecil akan memberikan dampak yang baik bagi anak ketika hendak menempuh pendidikannya.

  1. Memudahkan Anak Mempelajari Bahasa Lain

Jika anak sudah mampu menguasai dua bahasa dengan baik sejak dini, maka hal tersebut akan memudahkan anak untuk lanjut mempelajari berbagai bahasa lainnya. 

Anak yang sudah bisa dua bahasa akan lebih mudah dan cepat dalam memahami ketika mempelajari bahasa ketiga, keempat, kelima, hingga banyak bahasa yang ingin dikuasainya.

  1. Membuka Peluang Kerja yang Lebih Besar

Tidak hanya bermanfaat pada masa anak-anak saja, menguasai dua bahasa juga akan sangat bermanfaat ketika anak dewasa nanti untuk menunjang pekerjaannya. Hal ini dikarenakan banyak sekali perusahaan mengutamakan karyawan yang memiliki kemampuan berbahasa terutama bahasa Inggris. Sehingga, ketika anak yang sudah fasih dengan dua bahasa akan memiliki kesempatan dan peluang yang lebih tinggi dalam dunia kerja.

  1. Travelling Akan Lebih Mudah

Melakukan travel ke berbagai belahan dunia, tentunya harus dibekali dengan kemampuan berbahasa yang baik terutama bahasa Internasional seperti bahasa Inggris. 

Walaupun mendatangi beberapa negara di dunia bisa menggunakan jasa tour guide dan penerjemah, lebih baik jika kamu memiliki kemampuan berbahasa sehingga dapat menghemat biaya saat berpergian. 

Kamu juga akan lebih mudah dalam melakukan interaksi dengan banyak orang secara langsung. Dengan begitu, bepergian akan lebih menyenangkan juga meningkatkan kemampuan kamu dalam berbicara bahasa Inggris.

  1. Memperluas Wawasan tentang Budaya Lain

Biasanya saat kamu mempelajari bahasa selain bahasa Indonesia, maka kamu juga akan mempelajari tentang budaya dari bahasa yang kamu pelajari. Hal tersebut akan memperluas wawasan kamu mengenai beragam budaya dari luar, dan belajar untuk menghargai perbedaan dari setiap budaya yang ada di dunia.

Menguasai dua bahasa memiliki banyak kelebihan untuk anak di masa kini dan masa depannya. Maka dari itu, sebagai orang tua kamu perlu membantu anak untuk berkembang. 

Kamu bisa memberikan pengajaran bahasa secara online untuk anak di upsell Edukita, yang dapat membantu anak belajar berbahasa Inggris dengan baik https://www.edukita.com/. Dengan belajar secara online di upsell Edukita, kamu akan memberikan peluang untuk anak menjadi lebih terampil dan cerdas dalam berbahasa Inggris.

Artikel Lainnya

Ini sub-title untuk Section 2, overview tentang kategori section 2 itu apa

Dalam dunia yang tak terbatas seperti sekarang ini, menguasai bahasa asing akan sangat